Selasa, 20 Februari 2018

Selamatkan Sungai Citarum Bersama Kukubima

“Saya main bola karena kehendak tuhan, saya kembali ke Indonesia juga karena kehendak Tuhan,” lebih kurang demikianlah aksi gelandang Sriwijaya FC Palembang, Makan Konate, dalam sebuah iklan Kukubima Ener-G! beberapa waktu lalu. Tentu dia bukanlah satu-satunya pemain bola yang menjadi bintang minuman energi ini, tapi selama ajang Piala Presiden, Konate jadi bintang utamanya.

Saya cukup yakin hanya 1 persen dari kita yang tidak tahu apa itu Kukubima. Bagi yang tidak pernah mengonsumsinya sekali pun, merk ini sudah cukup terkenal di banyak kalangan. Saya sendiri sangat familiar dengan minuman ini, karena kerap mengonsumsinya selepas bermain Futsal, atau hanya sekadar lagi pengen saja. Tidak bisa dipungkiri memang jika minuman ini sangat menyegarkan.

Kemarin, Senin (19/2/2018) bertempat di Pondok Indah Golf Course saya berkesempatan menghadiri acara launching Kukubima Ener-G! yang turut dihadiri beberapa bintang lapangan hijau seperti Hamka Hamzah, Beto Goncalves dari Sriwijaya FC, Demerson, Yandi Sofyan, Miftahul Hamdi dari Bali United, Marko Simic, Maman Abdurrahman dari Persija Jakarta, Reva Adi Utama, Hasim Kipuw dari PSM Makassar, Hadi Abdillah, serta Gilang Ginarsa yang berasal dari PSIS Semarang.

 


Para bintang Liga 1 itu mewakili klub mereka masing-masing yang baru saja menjalin kerja sama dengan Kukubima. Bagi yang mengikuti gelaran Piala Presiden kemarin, tentu sudah melihat lambang Kukubima menempel di jersey kelima kesebelasan tersebut.

Melalui Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul TBK, Bapak Irwan Hidayat, tujuan Kukubima terjun ke ranah sepak bola adalah untuk mendukung kemajuan sepak bola Indonesia, terutama kompetisi Liga 1 yang baru berjalan tahun lalu.
para pemain dan manajemen klub berfoto bersama sebagai tanda terjalinnya kerja sama dengan Kukubima

“Semoga bergabungnya Kukubima di dunia sepak bola bisa membuat banyak orang semakin termotivasi untuk memajukan bola di Indonesia untuk terus berprestasi, baik di kancah nasional maupun internasional, apalagi sekarang kita mau mengadakan Asian Games. Jadi ini bisa dijadikan momen agar olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola makin berkembang,” kata beliau, Senin (19/2/2018).

Selain itu, Pak Irawan menambahkan bahwa Kukubima ingin ikut andil dalam perkembangan industri sepak bola Indonesia yang sudah tidak lagi menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk operasional klub, sehingga pihak sponsorlah yang akan menjadi kekuatan utama keberlangsungan sebuah klub dalam mengarungi kompetisi.
Pak Irwan Hidayat saat memaparkan tujuan Kukubima terjun ke dunia sepak bola 

Imbas dari kerja sama ini tentu saja nama Kukubima yang semakin dikenal masyarakat luas, apalagi Persija baru saja menjadi juara Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United di final. Selain itu, Marko Simic juga menyabet dua gelar individu bergengsi, yaitu pemain terbaik dan top skorer turnamen dengan 11 golnya.
dibawa dong sama Simic dua trofinya

“Kami tidak menyangka Persija bisa juara Piala Presiden dan itu berdampak bagus bagi kami sebagai sponsor. Kami ingin semua CSR ikut berpartisipasi memajukan sepak bola dan kompetisi kita agar lebih kompetitif tiap tahunnya,” sambung Pak Irwan.

Kendati demikian, ada yang unik dari launching Kukubima kali ini. Selain sepak bola, produk asli Sido Muncul ini nyatanya memiliki misi lain di luar dunia olahraga, yaitu untuk menyelamatkan Sungai Citarum dari sampah yang selama ini mengancam. Bahkan hal ini menjadi tema utama acara yang diberi nama ‘Ayo Selamatkan Citarum’.

Keadaan sungai Citarum saat ini sudah tercemar berbagai limbah, seperti limbah rumah tangga, limbah industri yang tidak menggunakan IPAL membuat warna air sungai yang makin lama semakin coklat kehitaman, serta limbah peternakan dan perikanan. Tentu ini sangat ironis karena sungai itu punya fungsi yang sangat vital untuk masyarakat, salah satunya adalah menjadi sumber air minum warga sekitar.
salah satu concern Kukubima Ener-G! saat ini, ayo selamatkan Citarum

Sekilas mungkin tidak ada hubungannya minuman energi dengan keadaan lingkungan yang ada. Tapi lagi-lagi Kukubima ingin semua masyarakat sadar bahwa fenomena lingkungan, terutama kebersihan sungai adalah tanggung jawab kita bersama.

Berawal dari inisiatif Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo, yang kerap membersihkan sungai Citarum bersama anggotanya, Kukubima pun ikut tergerak untuk sama-sama membersihkan kawasan sungai yang selama ini dikenal sebagai tempat yang tidak layak akibat kebiasaan warga yang membuang sampah di tepi sungai.

Gerakan ini dirasa perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga agar tidak membuang sampah sembarangan supaya bisa terhindar dari bencana banjir yang selama ini terus menghantui. Apa yang dilakukan Kukubima ini pun bukan hanya sebatas kampanye semata, tapi mereka juga sudah turun langsung untuk membersihkan Sungai Citarum.

Jadi jelas tujuan Kukubima Ener-G sangat bermakna dan tidak cuma untuk kemajuan sepak bola. Lebih dari itu, mereka ingin membentuk kesadaran masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan lama yang masih membuang sampah sembarangan agar lebih aware pada masalah sekitarnya. Karena salah satu cara mencegah terjadi banjir berasal dari kesadaran kita sendiri terhadap lingkungan.


20 komentar:

  1. sebagai bagian Jawa Barat yang lama tinggal di Bandung, agak ironis memang dengan pencemaran di Sungai Citarum, beruntung pemerintah, masyarakat, dan swasta seperti PT Sido Muncul - Kuku Bima bahu membahu untuk mengembalikan fungsi sungai seperti dulu

    BalasHapus
  2. Sungai Citarum ini mengalir hingga Bandung juga...
    Semoga sungai-sungai ini bisa mengalir dengan lancar, tanpa hambatan sampah.
    Masyarakat semakin teredukasi pentingnya kebersihan lingkungan.

    Aku juga salah satu penggemar produk Sido Muncul.
    Tolak Angin untuk dewasa dan anak-anak, in syaa Allah selalu sedia di rumah.

    BalasHapus
  3. Semoga sepak bola Indonesia makin maju :)

    BalasHapus
  4. Kalo saya sih sangat mendukung program yang seperti ini, entah terlepas apapun dari tujuannya. Toh banyak yang berteori tapi No Action kan. KukuBima saya acungi jempol dah.. :D

    BalasHapus
  5. Programnya bagus nih. Apalagi denger-denger dari warga sekitar Citarum dulu pemerintah kebanyakan janji buat ngurusin citarum, tapi enggak direalisasikan. Semoga aja sehabis dibantu oleh KukuBima masalah Citarum bisa berkurang sedikit demi sedikit.

    BalasHapus
  6. bagus juga nih mas program CSR dari Kukubima yang mau turut bekerja dalam membersihkan Sungai Citarum yang belakangan ini memang cukup kotor. Saya dulu pernah minum kukubima juga mas..rasanya seger.. tapi memang jangan sering2 diminum dan kalau habis minum harus sering minum air putih juga

    BalasHapus
  7. Kabarnya Citarum merupakan sungai paling tercemar di dunia ini. Miris aja ya...air yang penuh limbah itu, sebenarnya digunakan oleh sekitar 27 juta warga Jabar dan DKI Jakarta.
    Program CSR Kukubima sudah seharusnya di dukung olah masyarakat sekitar. Agar air Citarum benar-benar layak untuk di konsumsi.

    BalasHapus
  8. Gerakan yang bagus dan didukung Kuku Bima, mantap. Saya tahu banget pengaruh sungai citarum ini. Emang menyelamatkan Citarum harus bersama-sama sih

    BalasHapus
  9. Kukubima Energi ini emang roso deh ya! Keren trus menyeponsori hal-hal yang menurut gw keren, ga hanya kegiatan apa adanya aja. Semoga berlanjut ya!

    BalasHapus
  10. keren banget ini gerakan
    semoga aksi kuku bima bisa membuat citarum kembali bersih dan lestari
    ternyata kuku bima banyak jg konstribusinya tuk dunia olahraga khususnya bola
    selamat ya tuk persija

    BalasHapus
  11. Aku tahu kuku bima, tapi nggak pernah mengkonsumsinya.
    Bagus, yah kegiatannya semoga bisa berkelanjutan demi Citarum

    BalasHapus
  12. Semoga makin byk yg peduli sungai. Sayang banget sungai skrg ini malah jd tempat pembuangan sampah

    Kukubima tau banget tapi aku menghindari minum2 man berenergi. Entah knapa gak cocok di lidahku

    BalasHapus
  13. Pernah baca sungai Citarum banyak limbah tekstil disana...dan beracun..

    Semangat denger kalau ada yang peduli seperti brand kuku Bima.
    Ngajak masyarakat..biar yg lain juga tergerak..

    BalasHapus
  14. Suka sama produk2 sidomuncul, terutama susu jahe. Kalau kuku bima ga pernah :)

    Semoga langkah kuku bima untuk memajukan sepak bola Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar citarum agar lebih aware terhadap lingkungan bisa terwujud.

    BalasHapus
  15. Yang kuinget kalau denger Kuku Bima adalah si mbah, roso roso roso (Al Fatihah).
    Sido Muncul ini salah satu brand yang memiliki CSR yang cukup sering terdengar kabarnya di bidang sosial.
    Moga dengan aksi2 semacam itu sungai Citarum dan sungai2 lainnya jadi tambah bersih.

    BalasHapus
  16. Angkat topi tinggi2 buat perusahaan yang memikirkan kondisi lingkungan sekitarnya. Sukses ya KukuBima

    BalasHapus
  17. Ternyata kukubima punya banyak sekali acara acara sosial gitu ya. Jadi bangga deh. Rasa kukubima pun sangatlah enak apalagi dingin hihi

    BalasHapus
  18. Senang kalau lihat perusahaan yang peduli dengan sekitar seperti ini. Semoag semakin banyak yang pedulu dan sukses terus untuk kuku bima ener-g

    BalasHapus
  19. Semoga ntar dengan kegiatan ini sungai Citarum bisa dikembalikan fungsinya dan memenuhi semua kebutuhan air bersih masy sekitarnya. Semangat Ka Wanda buat ngebantu Citarum ya :)

    BalasHapus
  20. Salut dengan gerakan sosial yang dipelopori oleh produsen Sido Muncul.
    Mengajarkan kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam dan disulap jadi destinasi wisata keren.

    BalasHapus