“Saya main bola karena kehendak tuhan, saya kembali ke
Indonesia juga karena kehendak Tuhan,” lebih kurang demikianlah aksi gelandang
Sriwijaya FC Palembang, Makan Konate, dalam sebuah iklan Kukubima Ener-G! beberapa waktu lalu. Tentu dia bukanlah satu-satunya pemain bola yang menjadi
bintang minuman energi ini, tapi selama ajang Piala Presiden, Konate jadi
bintang utamanya.
Saya cukup yakin hanya 1 persen dari kita yang tidak tahu
apa itu Kukubima. Bagi yang tidak pernah mengonsumsinya sekali pun, merk ini
sudah cukup terkenal di banyak kalangan. Saya sendiri sangat familiar dengan
minuman ini, karena kerap mengonsumsinya selepas bermain Futsal, atau hanya
sekadar lagi pengen saja. Tidak bisa
dipungkiri memang jika minuman ini sangat menyegarkan.
Kemarin, Senin (19/2/2018) bertempat di Pondok Indah Golf
Course saya berkesempatan menghadiri acara launching Kukubima Ener-G! yang turut
dihadiri beberapa bintang lapangan hijau seperti Hamka Hamzah, Beto Goncalves
dari Sriwijaya FC, Demerson, Yandi Sofyan, Miftahul Hamdi dari Bali United,
Marko Simic, Maman Abdurrahman dari Persija Jakarta, Reva Adi Utama, Hasim Kipuw
dari PSM Makassar, Hadi Abdillah, serta Gilang Ginarsa yang berasal dari PSIS
Semarang.
Para bintang Liga 1 itu mewakili klub mereka masing-masing
yang baru saja menjalin kerja sama dengan Kukubima. Bagi yang mengikuti
gelaran Piala Presiden kemarin, tentu sudah melihat lambang Kukubima menempel
di jersey kelima kesebelasan tersebut.
Melalui Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul
TBK, Bapak Irwan Hidayat, tujuan Kukubima terjun ke ranah sepak bola adalah
untuk mendukung kemajuan sepak bola Indonesia, terutama kompetisi Liga 1 yang
baru berjalan tahun lalu.
para pemain dan manajemen klub berfoto bersama sebagai tanda terjalinnya kerja sama dengan Kukubima |
“Semoga bergabungnya Kukubima di dunia sepak bola bisa
membuat banyak orang semakin termotivasi untuk memajukan bola di Indonesia
untuk terus berprestasi, baik di kancah nasional maupun internasional, apalagi
sekarang kita mau mengadakan Asian Games. Jadi ini bisa dijadikan momen agar
olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola makin berkembang,” kata beliau,
Senin (19/2/2018).
Selain itu, Pak Irawan menambahkan bahwa Kukubima ingin ikut
andil dalam perkembangan industri sepak bola Indonesia yang sudah tidak lagi
menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk
operasional klub, sehingga pihak sponsorlah yang akan menjadi kekuatan utama
keberlangsungan sebuah klub dalam mengarungi kompetisi.
Pak Irwan Hidayat saat memaparkan tujuan Kukubima terjun ke dunia sepak bola |
Imbas dari kerja sama ini tentu saja nama Kukubima yang
semakin dikenal masyarakat luas, apalagi Persija baru saja menjadi juara Piala
Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United di final. Selain itu, Marko Simic
juga menyabet dua gelar individu bergengsi, yaitu pemain terbaik dan top skorer
turnamen dengan 11 golnya.
dibawa dong sama Simic dua trofinya |
“Kami tidak menyangka Persija bisa juara Piala Presiden dan
itu berdampak bagus bagi kami sebagai sponsor. Kami ingin semua CSR ikut
berpartisipasi memajukan sepak bola dan kompetisi kita agar lebih kompetitif
tiap tahunnya,” sambung Pak Irwan.
Kendati demikian, ada yang unik dari launching Kukubima kali
ini. Selain sepak bola, produk asli Sido Muncul ini nyatanya memiliki misi lain
di luar dunia olahraga, yaitu untuk menyelamatkan Sungai Citarum dari sampah
yang selama ini mengancam. Bahkan hal ini menjadi tema utama acara yang diberi
nama ‘Ayo Selamatkan Citarum’.
Keadaan sungai Citarum saat ini sudah tercemar berbagai
limbah, seperti limbah rumah tangga, limbah industri yang tidak menggunakan
IPAL membuat warna air sungai yang makin lama semakin coklat kehitaman, serta
limbah peternakan dan perikanan. Tentu ini sangat ironis karena sungai itu
punya fungsi yang sangat vital untuk masyarakat, salah satunya adalah menjadi
sumber air minum warga sekitar.
salah satu concern Kukubima Ener-G! saat ini, ayo selamatkan Citarum |
Sekilas mungkin tidak ada hubungannya minuman energi dengan
keadaan lingkungan yang ada. Tapi lagi-lagi Kukubima ingin semua masyarakat
sadar bahwa fenomena lingkungan, terutama kebersihan sungai adalah tanggung
jawab kita bersama.
Berawal dari inisiatif Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI
Doni Monardo, yang kerap membersihkan sungai Citarum bersama anggotanya,
Kukubima pun ikut tergerak untuk sama-sama membersihkan kawasan sungai yang
selama ini dikenal sebagai tempat yang tidak layak akibat kebiasaan warga yang
membuang sampah di tepi sungai.
Gerakan ini dirasa perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran
warga agar tidak membuang sampah sembarangan supaya bisa terhindar dari bencana
banjir yang selama ini terus menghantui. Apa yang dilakukan Kukubima ini pun
bukan hanya sebatas kampanye semata, tapi mereka juga sudah turun langsung
untuk membersihkan Sungai Citarum.
Jadi jelas tujuan Kukubima Ener-G sangat bermakna dan tidak cuma
untuk kemajuan sepak bola. Lebih dari itu, mereka ingin membentuk kesadaran
masyarakat untuk meninggalkan kebiasaan lama yang masih membuang sampah
sembarangan agar lebih aware pada
masalah sekitarnya. Karena salah satu cara mencegah terjadi banjir berasal dari
kesadaran kita sendiri terhadap lingkungan.
sebagai bagian Jawa Barat yang lama tinggal di Bandung, agak ironis memang dengan pencemaran di Sungai Citarum, beruntung pemerintah, masyarakat, dan swasta seperti PT Sido Muncul - Kuku Bima bahu membahu untuk mengembalikan fungsi sungai seperti dulu
BalasHapusSungai Citarum ini mengalir hingga Bandung juga...
BalasHapusSemoga sungai-sungai ini bisa mengalir dengan lancar, tanpa hambatan sampah.
Masyarakat semakin teredukasi pentingnya kebersihan lingkungan.
Aku juga salah satu penggemar produk Sido Muncul.
Tolak Angin untuk dewasa dan anak-anak, in syaa Allah selalu sedia di rumah.
Semoga sepak bola Indonesia makin maju :)
BalasHapusKalo saya sih sangat mendukung program yang seperti ini, entah terlepas apapun dari tujuannya. Toh banyak yang berteori tapi No Action kan. KukuBima saya acungi jempol dah.. :D
BalasHapusProgramnya bagus nih. Apalagi denger-denger dari warga sekitar Citarum dulu pemerintah kebanyakan janji buat ngurusin citarum, tapi enggak direalisasikan. Semoga aja sehabis dibantu oleh KukuBima masalah Citarum bisa berkurang sedikit demi sedikit.
BalasHapusbagus juga nih mas program CSR dari Kukubima yang mau turut bekerja dalam membersihkan Sungai Citarum yang belakangan ini memang cukup kotor. Saya dulu pernah minum kukubima juga mas..rasanya seger.. tapi memang jangan sering2 diminum dan kalau habis minum harus sering minum air putih juga
BalasHapusKabarnya Citarum merupakan sungai paling tercemar di dunia ini. Miris aja ya...air yang penuh limbah itu, sebenarnya digunakan oleh sekitar 27 juta warga Jabar dan DKI Jakarta.
BalasHapusProgram CSR Kukubima sudah seharusnya di dukung olah masyarakat sekitar. Agar air Citarum benar-benar layak untuk di konsumsi.
Gerakan yang bagus dan didukung Kuku Bima, mantap. Saya tahu banget pengaruh sungai citarum ini. Emang menyelamatkan Citarum harus bersama-sama sih
BalasHapusKukubima Energi ini emang roso deh ya! Keren trus menyeponsori hal-hal yang menurut gw keren, ga hanya kegiatan apa adanya aja. Semoga berlanjut ya!
BalasHapuskeren banget ini gerakan
BalasHapussemoga aksi kuku bima bisa membuat citarum kembali bersih dan lestari
ternyata kuku bima banyak jg konstribusinya tuk dunia olahraga khususnya bola
selamat ya tuk persija
Aku tahu kuku bima, tapi nggak pernah mengkonsumsinya.
BalasHapusBagus, yah kegiatannya semoga bisa berkelanjutan demi Citarum
Semoga makin byk yg peduli sungai. Sayang banget sungai skrg ini malah jd tempat pembuangan sampah
BalasHapusKukubima tau banget tapi aku menghindari minum2 man berenergi. Entah knapa gak cocok di lidahku
Pernah baca sungai Citarum banyak limbah tekstil disana...dan beracun..
BalasHapusSemangat denger kalau ada yang peduli seperti brand kuku Bima.
Ngajak masyarakat..biar yg lain juga tergerak..
Suka sama produk2 sidomuncul, terutama susu jahe. Kalau kuku bima ga pernah :)
BalasHapusSemoga langkah kuku bima untuk memajukan sepak bola Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar citarum agar lebih aware terhadap lingkungan bisa terwujud.
Yang kuinget kalau denger Kuku Bima adalah si mbah, roso roso roso (Al Fatihah).
BalasHapusSido Muncul ini salah satu brand yang memiliki CSR yang cukup sering terdengar kabarnya di bidang sosial.
Moga dengan aksi2 semacam itu sungai Citarum dan sungai2 lainnya jadi tambah bersih.
Angkat topi tinggi2 buat perusahaan yang memikirkan kondisi lingkungan sekitarnya. Sukses ya KukuBima
BalasHapusTernyata kukubima punya banyak sekali acara acara sosial gitu ya. Jadi bangga deh. Rasa kukubima pun sangatlah enak apalagi dingin hihi
BalasHapusSenang kalau lihat perusahaan yang peduli dengan sekitar seperti ini. Semoag semakin banyak yang pedulu dan sukses terus untuk kuku bima ener-g
BalasHapusSemoga ntar dengan kegiatan ini sungai Citarum bisa dikembalikan fungsinya dan memenuhi semua kebutuhan air bersih masy sekitarnya. Semangat Ka Wanda buat ngebantu Citarum ya :)
BalasHapusSalut dengan gerakan sosial yang dipelopori oleh produsen Sido Muncul.
BalasHapusMengajarkan kita semua untuk selalu menjaga kelestarian alam dan disulap jadi destinasi wisata keren.